Kewajiban Menggunakan Pangan Organik bagi Industri Hospitaliti, Kuliner dan Rumah Sakit

img_0125Istri saya selalu mengupayakan agar kita sekeluarga mengkonsumsi pangan organik, meskipun perlu perjuangan besar. Beras kita selalu menggunakan yang organik. Tetapi, tahu dan tempe belum bisa karena kedelai masih import 90% dan susah mendapatkan tempe organik.

Kesulitan lainnya adalah ketika kita berada di luar rumah, keluar kota, tidak ada jaminan tempat makan yang kita kunjungi, atau hotel yang kita inapi, menggunakan produk organik. Tentu tidak mungkin bagi kita untuk selalu membawa-bawa bahan pangan organik.

Pemikiran saya, (mungkin ini boleh dibilang wacana, atau ide bullshit, boleh saja), sepertinya jika pemerintah mengeluarkan kebijakan agar hotel, restoran, dan rumah sakit wajib menggunakan produk organik. Dengan demikian maka, permintaan pangan organik akan meningkat, peningkatan ini akan semakin membuat banyak petani yang mau beralih ke organik. Dengan semakin meluasnya lahan pertanian organik, maka biaya produksi akan semakin menurun, dan pada akhirnya harga pangan organik semakin ekonomis. Di beberapa negara Eropa, harga pangan organik hanya sedikit lebih mahal dari pangan non organik, karena memang volume produksi cukup tinggi.

Apakah bisa pola kewajiban ini diterapkan? Seharusnya bisa, misalnya seperti industri wajib menggunakan bahan bakar/solar non subsidi misalnya. Atau perkebunan skala konglomerat wajib menggunakan pupuk non subsidi, dll.

Hal lainnya, edukasi tentang pentingnya pangan organik (pangan sehat) harus terus didengungkan. Biayanya darimana? Hapus subsidi pupuk, sekian % dananya bisa dialihkan menjadi program edukasi pangan sehat. Subsidi-subsidi dan bantuan-bantuan negara lainnya ditinjau ulang efektifitas dan sasarannya.

Pangan Sehat Indonesia harus menjadi gerakan masif, terstuktur, dan berkesinambungan, dan negara harus serius terlibat. Penyediaan pangan sehat adalah kewajiban negara untuk rakyatnya. Pembukaan UUD 1945 Alinea 4 menyebutkan “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia….”, bentuk perlindungan negara kepada segenap bangsa Indonesia salah satunya adalah melindungi bangsa ini dari pangan yang berbahaya yang menyebabkan menurunnya kualitas bangsa. Negara dan rakyat harus bahu membahu dalam gerakan Pangan Sehat Indonesia ini.

Pangan Sehat, Generasi Kuat, Bangsa Berdaulat.

Salam Organik, Kang Eep
Swadaya Petani Indonesia
www.swadayapetani.org
@Aston Sentul Lake, 3 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *